Tentang LPM STMIK Royal Kisaran | Lembaga Penjaminan Mutu STMIK ROYAL - Indonesia

Lembaga Penjaminan Mutu [LPM] STMIK ROYAL

www.lpm.stmikroyal.ac.id
lpm@royal.ac.id

Mendaftar



Tentang LPM STMIK Royal Kisaran

Oleh : Rolly Yesputra, Pada March 23, 2017

Penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan program yang wajib dilaksanakan oleh semua perguruan tinggi berdasarkan Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pelaksanaan dan implementasi penjaminan mutu merupakan aspek yang menentukan dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi. Pengelolaan Pendidikan Tinggi yang telah dilaksanakan harus menempatkan akuntabilitas, evaluasi, akreditasi, dan otonomi sebagai prinsip dasar dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, sedangkan kualitas ditempatkan pada pusatnya. Ini bermakna bahwa mutu adalah pusat dari penerapan keempat prinsip pengelolaan pendidikan tinggi

Kewenangan otonom pada Pendidikan Tinggi menuntut prasyarat penerapan Good University Governance (GUG) terlebih dahulu, terutama dalam aspek akuntabilitas dan transparansi. Telah disadari bersama bahwa perbaikan dan penjaminan mutu dapat menjadi titik awal untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan GUG di STMIK Royal Kisaran, penerapan Sistem Penjaminan Mutu merupakan suatu keharusan.

Untuk menerapkan sistem penjaminan mutu dibentuk Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melalui SK Ketua STMIK Royal Kisaran No. 023/STMIK-R/III/2014; revisi No. 007/SK-PP/STMIK-R/III/2016 tertanggal 28 Maret 2016 tentang Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STMIK Royal Kisaran merupakan mitra kerja dari Pengelola STMIK Royal Kisaran dalam Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) dari sistem penjaminan mutu internal di STMIK Royal Kisaran.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) STMIK Royal Kisaran mencakup dua aspek utama yaitu Akademik dan Manajemen. Penjaminan Mutu Akademik merupakan fokus  utama dalam SPMI-STMIK Royal Kisaran. Sementara itu, Sistem Penjaminan Mutu dalam aspek manajemen merupakan actor pendukung penting dalam mewujudkan GUG di STMIK Royal Kisaran. Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal pada kedua aspek ini diharapkan dapat secara simultan memberikan jaminan dan keyakinan kepada sivitas akademika dan pihak yang berkepentingan (stakeholders) bahwa STMIK Royal Kisaran akan secara sistematis, konsisten dan berkesinambungan memberikan yang terbaik – sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi.

Sistem Penjaminan Mutu Internal yang diterapkan di STMIK Royal mencakup rancangan umum penerapannya serta komponen-komponen yang dicakup dalam SPMI STMIK Royal Kisaran. Dokumen-dokumen lain yang terkait dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal akan menguraikan secara lebih rinci tentang tahapan, mekanisme, dan operasionalisasi penerapan SPMI-STMIK Royal Kisaran.